Kamis, 15 Maret 2012

KOPI, KOPI, KOPI


Kopi Manis Bikin Kerja Otak Lebih Efektif

Seseorang tidak akan menjadi lebih cerdas setelah minum kopi manis, namun aktivitas otak pada tingkat kecerdasan tersebut akan menurun. Artinya kombinasi kopi dan gula bisa membuat kerja otak lebih efektif. Tanpa ditambah gula, kopi diketahui bisa membuat otak dan stamina lebih terjaga karena mengandung kafein. Senyawa ini merupakan stimulan atau pembangkit stamina, sehingga dipakai juga sebagai campuran dalam minuman berenergi. Penelitian yang dilakukan di Universitat de Barcelona (UB) mengungkap, kafein punya efek lain ketika dikombinasikan dengan glukosa atau gula. Kombinasi yang menghasilkan kopi manis ini mampu membuat kerja otak lebih efisien. Dalam pemindaian CT Scan, aktivitas otak pada para peminum kopi manis tampak menurun di bagian yang mengatur kemampuan kognitif. Meski aktivitasnya menurun, performa atau kinerja otak teramati stabil dalam hasil tes kognitif yang diberikan. Kemampuan otak untuk menghasilkan kinerja yang sama dengan aktivitas lebih rendah menunjukkan bahwa otak bekerja dengan lebih efisien. Hal ini bisa membuat otak tidak cepat mengalami kelelahan atau bahkan kerusakan sel.
"Kombinasi kafein dan glukosa menyebabkan kerja otak lebih efisien di bagian kognitif, terutama yang bertanggung jawab atas ingatan dan perhatian," ungkap Josep M Serra Grabulosa (yang ini asli copas dari detikhealth, hehehe).

Jadi ngga salah kalo setiap pagi, gue sangat menikmati kopi racikan pak “Enji” di kantor. Awal masuk kantor ini, gue sempet kelimpungan cari cara buat bikin kopi, karena males banget harus ke dapur sendiri buat bikin kopi yang sesuai selera. Tapi untungnya ‘tutor’ gue waktu itu, pak haji Mukhlis mengusulkan buat abodemen kopi di pak “Enji”. 
Owkay, tapi awalnya gue mesti ngasih panduan gimana kopi versi gue, karena gue gak suka kopi item yang sudah 2 in 1 dalam bentuk sachet. Racikannya mesti pas, 2 kopi 1 gula, gak lebih gak kurang. Jadilah mulai saat itu gue dicap sebagai ‘mbah’.....cos cuma gua cewek yang ngopi item di kantor. Bisa dibilang, gue addict kopi, sehari minimal 2 cangkir. Jaman kuliah dulu malah sempet dibilang mirip tukang becak (hikss....), sebab bukan cangkir yang gue pake ngopi, tapi mug gede, heueheu.... Sehari tanpa kopi, pasti ada yang kurang. Sakit kepala, obatnya kopi, gak enak badan obatnya kopi, gak enak hati, ya ngopi jugaaa (maksa :P ). Yang jelas, buat gue mah, kopi adalah salah satu kenikmatan dunia yang tak tergantikan :D

Pengeeeennnnn banget suatu hari bisa punya warung kopi sendiri, yang gak mesti mahal kaya coffee bean atau starbuck. Pengeeennnn banget punya keahlian barista, hmmmm kapan ya punya waktu plus dana yang cukup buat ambil short course jadi barista?

(ini dia kopi bikinan pak Enji....jangan diliat tampilannya, karena rasanyaaa, mantaphh, terutama kalo mud dia lagi bagus, hihihihi.....)


Lain waktu, gue pasti bikin tulisan tentang kopi yang lebih banyak (mudah-mudahan bukan copas, hahahaha...). Sekarang, mari kita ngopiiii.......

4 komentar:

  1. hm... kopi-kopi hehe, sy seneng tu klo minum kopi pas ujan turu, atw cuaca dingin bikin mood ok lg hehe.. nice artikel

    BalasHapus
  2. lets get some coffee... :D
    oiya salam kenal ya... i like your posts! :D
    btw, bolehkah meminta tolong untuk sekedar menjenguk blog saya? lbh menyenangkan bila join juga...untuk berbagi mungkin...
    n i'll be very thanksful... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal jugaaaa :)
      thanx for coming n give a coomment
      owkay, saya pasti berkunjung :D

      Hapus